Banyaknya sosis yang ada di pasaran seperti sekarang ini, secara tidak langsung, membuat banyak dari Anda yang merasa was-was, ketika memilih sosis secara tepat, halal, dan pastinya aman untuk dikonsumsi. Sebenarnya untuk memilih sosis halal seperti ini tidak sulit, jika Anda tahu bagaimana caranya. Cara Memilih Sosis Halal adalah :

 

Perhatikan merk 

Dalam memilih sosis halal pertama yang sebaiknya Anda perhatikan adalah, merek dagang dari brand sosis itu sendiri. Seperti yang telah dibahas selintas di atas, saat ini ada cukup banyak merk sosis yang ada di pasaran, mulai dari brand-brand tanah air, hingga brand-brand mancanegara.

Masing-masing brand tersebut, meluncurkan jenis-jenis sosis yang berbeda-beda, mulai dari jenis bahan, jenis ukuran hingga gramasi dari produk sosis itu sendiri.

Selain brand sosis yang menjual dalam bentuk kemasan, ada juga yang menjualnya dalam bentuk eceran atau curah. Anda yang ingin membeli sosis dalam bentuk tersebut, sebaiknya perhatikan dengan baik, nama brand, serta tanggal kadaluarsa dari produk itu sendiri. Dalam hal ini, Anda dapat mencari informasinya sendiri atau menanyakan langsung pada pihak pramuniaga.

 

Perhatikan komposisi bahan yang digunakan

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan ketika memilih sosis halal adalah, komposisi bahan yang digunakan. Misalnya saja Anda hendak membeli sosis sapi, maka bahan utama yang pasti akan digunakan adalah daging sapi. Namun yang membedakan antara brand satu dengan yang lainnya adalah jenis sapi yang digunakan, untuk membuat sosis itu sendiri. Demikian pula dengan jenis daging lain yang digunakan, misalnya saja daging ayam.

Jika dilihat dari proses pembuatannya, sosis dibagi menjadi 2 bagian, yaitu sosis yang difermentasikan, dan yang sudah matang. Yang dimaksud dengan sosis fermentasi adalah, gilingan daging, baik itu sapi atau ayam, yang ditambahkan mikroba di dalamnya. Jenis sosis yang satu memang jarang ada di Indonesia, jika ada, umumnya berasal dari brand-brand mancanegara. Sedangkan yang paling banyak ditemukan di pasaran adalah sosis matang. Seperti namanya, sosis matang, ini adalah jenis sosis yang sudah dimatangkan terlebih dahulu. Ini pula yang membuat Anda tidak perlu berlama-lama dalam mengolah sosis, untuk kemudian dikonsumsi.

Artikel kami lain nya :

 

Untuk komposisi bahan yang dimaksud disini, selain Anda dapat melihatnya dari nama kemasan, Anda juga dapat melihatnya di bagian komposisi bahan. Cek bagian komposisi bahan yang ada di dalam kemasan, bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk membuat sosis tersebut.

 

Ada tidaknya simbol halal

Berikutnya, perhatikan juga ada atau tidaknya simbol atau logo halal yang diberikan oleh pihak MUI. Untuk simbol MUI sendiri, umumnya akan mudah Anda temukan di bagian kemasan produk sosis itu sendiri. Umumnya logo dari MUI tersebut, berbarengan atau bersandingan dengan logo dari pihak BPOM.

 

Perhatikan lokasi Anda membeli produk  

Ada juga hal lainnya yang perlu Anda perhatikan, ketika akan membeli sosis halal. Cek dimana Anda akan membeli sosis tersebut. Sebaiknya beli sosis di tempat yang terpercaya, misalnya saja di supermarket, atau juga di toko frozen food. Namun jika Anda mempunyai beberapa lokasi atau tempat penjualan sosis terpercaya lainnya, juga tidak masalah. Namun pastikan sosis yang akan Anda beli nantinya aman, dan bernutrisi.

 

Jenis-jenis sosis yang ada di pasaran 

Berikut ini adalah beberapa jenis sosis yang ada di pasaran, antara lain :

  1. Sosis segar

Dengan bahan utama berupa daging yang digiling halus, kemudian digarami, namun tidak dikuring, melainkan dibungkus menggunakan selongsong alami. Umumnya jenis sosis seperti ini tidak dimasak, melainkan harus disimpan dalam kondisi beku, atau dalam kondisi dingin. Dibantu dengan beberapa jenis rempah, yang membuat sosis yang satu ini mempunyai aroma yang khas.

  1. Sosis yang tidak dimasak melainkan diasapi

Ada juga jenis sosis yang tidak dimasak, namun hanya diasapi. Harus disimpan dalam suhu dingin.

  1. Sosis masak

Umumnya jenis sosis yang satu ini, menggunakan daging cincang, atau yang sudah teremulsi, dikurung, dan juga diasapi.  Sosis jenis ini, umumnya dimasak, hingga benar-benar matang, kemudian disimpan dalam suhu dingin.

Selain beberapa jenis sosis yang disebutkan diatas, ada juga beberapa jenis sosis lainnya yang ada di pasaran, seperti sosis fermentasi, yang akan Anda temukan di beberapa merk sosis dari mancanegara. Jadi Anda yang ingin membeli sosis secara halal, tidak ada salahnya jika memperhatikan beberapa hal yang telah disebutkan di atas. Demikian lah Cara Memilih Sosis Halal yang benar.

 

Lihat paket kami yang lain : 

Call Now
WhatsApp