Jenis-jenis Sosis dan Cara Memilih Sosis – Sosis memang merupakan salah satu makanan yang sangat populer, apalagi dengan banyaknya produk – produk sosis murah yang muncul di pasaran membuat frozen food ini digemari. Selain itu sosis juga bisa digunakan sebagai makanan pendamping nasi atau sebagai cemilan membuat sosis sering kali dijadikan alternatif untuk sarapan.

Namun, mungkin anda seringkali melihat ada banyak sekali berita – berita yang membuat kita ragu untuk membeli sosis, seperti sosis dari daging babi, anjing atau cara pengolahannya yang tidak higienis. Karena itulah ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih Jenis-jenis Sosis dan Cara Memilih Sosis yang baik yaitu:

  1. Ketika ingin membeli sosis, pastikan anda memilih sosis yang merek nya sudah familiar. Tinggi nya permintaan sosis saat ini membuat banyak perusahaan yang memproduksi merek sosis siap konsumsi. Karena itulah, pilihlah produk yang sudah dikenal dalam memproduksi sosis dan memiliki riwayat yang jelas.
  2. Periksa label pada kemasan sosis dan pastikan mereka memiliki merek dagang resmi dari BPOM. Dan bagi anda yang muslim pilih produk yang memiliki label halal dari MUI untuk menjamin kehalalannya. Selain itu, mengecek kualitas kemasan dan tanggal kadaluarsa tentu saja merupakan hal yang wajib. Pastikan segel masih rapat dan pastikan kemasan tidak menggembung, karena jika menggelembung berarti ada aktivitas mikroorganisme didalam sosis tersebut.
  3. Lihat tempat penyimpanannya. Jika anda membeli sosis murah di pasar swalayan tentu saja kualitas nya terjaga dan disimpan di tempat yang baik dan terus dingin. Sosis memang merupakan salah satu frozen food yang awet, namun jika tidak disimpan dengan tepat maka bisa saja mikroorganisme muncul dan menghasilkan racun yang berbahaya untuk tubuh.
  4. Jangan mudah terayu dengan promo produk sosis murah. Sosis berasal dari bahan daging, baik itu daging ayam atau daging sapi dan diolah dengan proses yang terbilang panjang, sehingga sudah pasti harga nya mahal. Karena itu jika anda melihat promo sosis murah maka pastikan yang memberikan promo berasal dari perusahaan yang terpercaya. Lihat juga label pada kemasan karena biasanya sosis yang dipromosikan berasal dari sosis yang sudah dekat dengan tanggal kadaluarsa.
  5. Sebelum memasak sosis, anda juga harus memperhatikan kondisi fisik dari sosis tersebut. Sosis sapi biasanya memiliki warna merah dan sosis ayam memiliki warna yang cenderung berwarna coklat. Selain itu sosis yang berkualitas juga tidak akan terlalu mengembang dan warna alami nya tidak banyak berubah. Pilih juga sosis yang ketika dimasak mengeluarkan aroma daging, bukan aroma yang seperti obat atau asam.

 

Artikel kami lain nya :

 

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli produk sosis. Banyak yang berpikiran untuk menyimpan sosis di kulkas atau freezer. Perlu anda ketahui, tidak semua jenis sosis harus disimpan didalam freezer, ada juga sosis yang lebih baik disimpan di suhu ruangan. Berikut beberapa Jenis-jenis Sosis dan Cara Memilih Sosis.

  1. Sosis Mentah

Biasa dijual di supermarket. Sosis mentah ini biasa disimpan dilemari pendingin disana agar kualitasnya tetap terjaga dan tahan lama. Tetapi sebenarnya, jika kemasannya masih utuh maka anda bisa menyimpannya di rak kulkas biasa. Namun jika kemasan sudah dibuka, maka sosis harus disimpan didalam freezer.

  1. Sosis Asap

Mungkin sosis asap jarang anda temukan di supermarket. Ada beberapa jenis sosis asap yang dijual dipasaran seperti frankfurter, bologna dan knackwurst. Seperti namanya, sosis ini diolah dengan cara diasapi. Sosis asap ini dikenal lebih awet bahkan tidak perlu disimpan didalam kulkas. Pastikan saja anda menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering.

  1. Sosis Siap Makan

Bisa dibilang sosis siap makan merupakan sosis murah yang banyak dijual di supermarket dan warung. Sosis ini tidak perlu diolah terlebih dahulu dan bisa langsung dimakan setelah dibuka. Anda bisa menyimpannya di suhu ruangan dan tidak perlu di kulkas.

  1. Sosis Kering

Bisa dibilang, sosis jenis ini merupakan sosis yang paling awet karena cara diolah dengan cara fermentasi. Sosis ini bahkan akan bertahan selama 3 minggu meskipun disimpan di suhu ruang, namun tentu saja jika ingin lebih awet anda bisa menyimpannya di freezer.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika ingin membeli Jenis-jenis Sosis dan Cara Memilih Sosis dipasaran.

 

Lihat paket kami yang lain : 

Call Now
WhatsApp