Sosis adalah salah satu makanan praktis, dan ekonomis, yang disukai oleh berbagai macam kalangan, dari tua hingga anak-anak. Umumnya orang mengkonsumsinya dengan membuat sosis goreng, namun jika kreatif, makanan yang satu ini dapat disulap menjadi berbagai macam makanan menarik, yang pastinya enak dikonsumsi.

Dibandingkan dahulu, saat ini untuk menemukan makanan yang satu ini tidak sulit, Anda akan menemukan makanan seperti ini secara mudah di supermarket. Tidak hanya itu, saat ini variasi sosis pun juga cukup beragam. Terutama masalah bahan baku yang digunakan, seperti sapi, ayam, dan yang lainnya.

 

Aneka jenis sosis 

Seperti yang selintas dijelaskan di atas, jenis sosis yang ada dipasaran ini memang cukup beragam, mulai dari sosis sapi, sosis ayam, dan jenis sosis lainnya. Tidak hanya itu, saat ini juga ada beberapa produsen yang mengkombinasikan sosis yang diproduksinya dengan beberapa bahan tambahan lainnya, seperti sosis sapi dengan keju, dan yang lainnya.

Anda yang ingin membeli sosis secara tepat, ada baiknya memperhatikan dengan baik, merk sosis yang akan dibeli, komposisi atau kandungan sosis yang akan dibeli, serta kandungan gramasi atau ukuran sosis itu sendiri. Jika Anda ingin membuat sosis goreng, tentunya tidak terlalu sulit. Mengingat ada cukup banyak sosis yang dapat Anda masak dengan cara digoreng. Namun demikian ada pula jenis sosis tertentu yang paling pas jika dimasak dengan cara dibakar.

 

Kreasi sosis goreng 

Seperti yang selintas dijelaskan di atas, saat ini ada cukup banyak produsen sosis yang menjual produknya di tanah air. Masing-masing produsen mempunyai kualitas sosis yang yang berbeda-beda. Yang membedakan adalah jenis sapi atau jenis daging lainnya yang diproduksi. Misalnya saja jenis sosis Bratwurst, sosis Bockwurst dan yang lainnya. Untuk cara memasak sosis yang paling umum adalah dengan cara digoreng. Walaupun kini ada teknik memasak sosis lain yang dapat Anda coba.

Artikel kami lain nya :

 

Teknik menggoreng sosis yang saat ini ada di pasaran ini memang cukup beragam, berikut ini adalah beberapa teknik membuat sosis goreng yang dapat Anda coba di rumah, antara lain :

  1. Sosis cumi

Ini adalah salah satu kreasi yang paling sering Anda temukan. Dimana sosis yang akan digoreng, sebelumnya dipotong menjadi 2 bagian, dan pada bagian kedua ujungnya dibelah menjadi 4. Hasilnya ketika digoreng, bentuk sosis seperti sebuah cumi-cumi.

  1. Membuat sisik di sepanjang badan sosis

Cara yang kedua, dan termasuk yang mudah Anda temukan di pasaran seperti sekarang ini adalah, dengan cara membuat sisik di sepanjang badan sosis. Caranya sangat mudah, dimana Anda akan menyayat-nyayat seluruh bagian sosis, hingga terlihat irisan-irisan tipis, di seluruh permukaan luar sosis. Jika sudah demikian, Anda baru dapat langsung menggorengnya.

  1. Sosis crispy

Sosis crispy ini adalah salah satu bentuk sosis goreng yang cukup trend sekarang ini, dimana sosis sebelumnya dibalut dengan tepung crispy, sebelum akhirnya digoreng. Balutan sosis ini sendiri cukup beragam, ada yang sebelumnya menggunakan kentang rebus halus, kemudian dibalurkan kembali ke dalam tepung crispy, atau ada juga menggunakan bahan lainnya.

  1. Sosis goreng pangsit

Tekniknya tidak jauh berbeda dengan sosis crispy, namun yang membedakan adalah bahan pelapis yang digunakan. Kali ini, bahan pelapisnya menggunakan kulit pangsit, yang setelah dibalutkan pada sosis, kemudian divariasikan, sehingga ketika digoreng dan sudah matang kelak, penampilannya akan tampak cantik.

 

Tips menggoreng sosis 

Pada dasarnya tidak sulit, untuk menggoreng sosis. Namun untuk menghasilkan sosis goreng yang baik, dan penampilannya menarik, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini ;

  1. Siapkan wajan, dan tuangkan minyak secukupnya, dalam hal ini jangan terlalu banyak. Cukup sampai wajan terasa tidak lengket, terutama ketika Anda menggunakan penggorengan anti lengket.
  2. Buka plastik segel sosis, dan buang. Dalam hal ini, Anda dapat mengkreasikan sosis tersebut menjadi beberapa macam bentuk, atau Anda dapat menggorengnya secara polos. Terutama untuk sosis berukuran besar, biasanya tidak divariasikan, melainkan digoreng dalam bentuk polos.
  3. Ketika menggoreng, sebaiknya gunakan api sedang. Jangan lupa bolak-balik sosis, agar tidak mudah hangus. Jika ukurannya kecil, maka waktu untuk menggoreng biasanya hanya sekitar 5 menit lebih, namun jika ukurannya besar, maka waktu menggorengnya bisa jadi 10 menit atau bahkan lebih.

Agar penampilan dan rasa sosis goreng jadi tambah nikmat, tidak ada salahnya jika menyiapkan saus yang Anda sukai.

 

Lihat paket kami yang lain : 

Call Now
WhatsApp